Recents in Beach

Gejala Keracunan Ikan Tongkol Serta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Keracunan Ikan Tongkol Serta Cara Mengatasinya

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis makanan seafood yang paling banyak di gemari di seluruh dunia dan salah satunya di Indonesia. Salah satu jenis Ikan yang satu ini yang sangat mudah mengalami kerusakan ketika ikan yang satu ini (tongkol) sudah tidak segera.

Bakteri yang terdapat di dalam ikan akan tumbuh atau berkembang biak dan salah satu jenis bakteri yang tumbuh dan cepat berkembang biak ketika ikan tidak mengalami penanganan dengan benar adalah bakteri patogen. Oleh sebab itu agar kandungan yang terdapat di dalam ikan tetap terjaga maka ikan harus selalu didinginkan setelah ditangkap. Hal ini dilakukan agar menghindari terjadinya pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kandungan ikan menjadi tidak baik ataupun menyebabkan ikan menjadi busuk. Dan salah satu jenis ikan yang akan kami bahas kali ini ialah ikan tongkol. Jenis ikan tongkol yang sudah tidak segera lagi dan tidak mendapatkan penanganan dengan baik dapat menyebabkan seseorang yang mengkonsumsinya mengalami keracunan. Adapun gejala gejala yang ditimbulkan oleh seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol adalah sebagai berikut.

Berikut Ini Gejala Yang Timbul Dari Keracunan Ikan Tongkol Serta Penyebab dan Cara Mengatasinya


A. GEJALA-GEJALA TIMBULNYA KERACUNAN IKAN TONGKOL


#1 Mengalami Mual

Jika anda sudah merasakan mual saat anda sedang mengkonsumsi makanan yang merupakan respon abnormal pada lambung karena lambung mendeteksi adanya zat yang tidak biasa sehingga rasa mual pun akan terjadi. Segera berhenti mengkonsumsi ikan tongkol Ketika saat anda mengalami mual yang tak kunjung sembuh

#2 Mengalami Keram Yang Berlebihan Pada Perut

Seseorang yang mengalami keracunan makanan atau keracunan ikan tongkol akan merasakan keram pada perut.

#3 Mengalami Diare

Selain mengalami keram pada perut biasanya seseorang yang terkena keracunan ikan tongkol akan mengalami diare. Itu karena pencernaan anda menjadi tidak normal karena adanya acunan yang sedang anda alami. Segera Lakukan pengobatan dengan segera agar anda dapat terhindar dari penyakit diare tersebut.

#4 Akan Terasa Pusing

Tanggapan yang paling sederhana yang biasa dihadapi oleh seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol adalah akan terasa pusing. Saat anda mengkonsumsi ikan tongkol kemudian yang anda rasakan saat itu adalah pusing jadi hentikanlah mengkonsumsi ikan tongkol tersebut.

#5 Badan Anda Terasa Lemas

Seperti halnya yang anda alami merasa pusing sehingga badanpun akan menjadi lemas, hal itu merupakan tanda dari seseorang yang sedang mengalami keracunan ikan tongkol. Jika semua itu terjadi segera melakukan pertolongan pertama pada seseorang yang sedang mengalami keracunan ikan tongkol supaya anda bisa terlepas dari hal yang beresiko karna keracunan ikan tongkol.

#6 Badan Anda Akan Terasa Mengigil

Jika anda merasakan panas dingin serta yang diikuti dengan menggigil itu merupakan salah satu tanda dari seseorang yang sedang mengalami keracunan dari ikan tongkol. Untuk itu segera periksakan diri anda ke dokter Ketika anda mengalami panas dingin yang diikuti dengan perasaan yang menggigil supaya Anda mendapatkan pertolongan dengan baik.

#7 Badan Anda Akan Terasa Gatal-Gatal

Dari kebanyakan orang pasti memiliki carayang berbeda-beda terhadap keracunan ikan tongkol. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa keracunan ikan tongkol badan akan terasa gatal-gatal namun ada pula sebagian dari mereka yang berpendapat dengan gejala-gejala lainnya. Untuk itu anda perlu mengetahui berbagai macam gejala gejala yang ditimbulkan Ketika seseorang mengalami keracunan ikan tongkol.

#8 Sakit Kepala

Selain pusing yang adan rasakan ternyata sakit kepala juga merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan Ketika seseorang mengalami keracunan ikan tongkol.

#9 Menyebabkan Muntah-Muntah

Selain gejala-gejala yang di sebutkan diatas, muntah-muntah juga merupakan salah satu gejala dari seseorang yang sedang keracunan ikan tongkol. Oleh sebab itu bagi Anda yang mengkonsumsi ikan tongkol namun anda langsung mengalami muntah-muntah maka segera hentikan makanan yang anda konsumsi. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya keracunan yang berlebihan pada diri Anda.

B. BAHAYA YANG DITIMBULKAN DARI KERACUNAN IKAN TONGKOL


#1 Bersifat Racun

Salah satu bahaya dari keracunan ikan tongkol adalah bersifat racun. Ada beberapa hal yang bersifat racun yang akan terdapat pada ikan tongkol dan salah satu diantaranya ialah terdapat logam-logam jahat yang akan membuat seseorang yang mengkonsumsi ikan tongkol mengalami keracunan.

#2 Kemungkinan Tercemar Merkuri

Habitat ikan tongkol tidak lagi sebersih yang Anda bayangkan. Adanya banyak limbah dan juga pencemaran lingkungan menjadikan ikan ini mudah tercemar oleh merkuri. Jika Anda mengonsumsinya, maka zat merkuri yang masuk ke tubuh akan menimbulkan penyakit.

#3 Mengalami Penghambatan Serta Pertumbuhan Pada Janin

Salah satu bahaya yang paling di takuti dari keracunan ikan tongkol ini adalah seseorang yang keracunan ikan tongkol terdapat pada seorang ibu yang sedang hamil kemungkinan akan mengalami penghambatan Pada pertumbuhan janin. Itulah sebabnya bagi anda para ibu yang sedang hamil ada baiknya anda agar waspada dalam memilih asupan makanan yang akan anda konsumsi agar pertumbuhan janin anda dapat berkembang dengan baik.

#4 Dapat Mengalami Cacat Pada Bayi

Ternyata selain menghambat tumbuh kembangnya janin, ibu hamil yang mengalami keracunan ikan tongkol tersebut kemungkinan akan mengalami cacat otak pada bayi. Hal ini disebabkan karena anda mengkonsumsi ikan tongkol yang akan menyebabkan anda keracunan. Seperti yang anda ketahui bahwa ternyata di dalam ikan tongkol memang memiliki kandungan merkuri yang akan mengancam kesehatan ibu hamil serta kesehatan bayi.

#5 Mengalami Alergi

Salah satu faktor yang akan memperkuat terjadinya alergi adalah anda akan mengalami keracunan dari ikan tongkol itu sendiri. Alergi merupakan kondisi reaksi yang berlebih ketika di dalam tubuh terdapat zat zat tertentu yang asing bagi tubuh. Oleh sebab itu jika anda ingin terhindar dari bahaya keracunan ikan tongkol maka perhatikanlah dalam mengkonsumsi ikan tongkol.

C. CARA YANG TEPAT MENGATASI KERACUNAN IKAN TONGKOL


#1 Mengkonsumsi Air Kelapa Muda

Air kelapa muda sangat dikenal sebagai air yang dapat digunakan untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh anda. Oleh sebab itu ada baiknya seseorang yang mengalami keracunan dari ikan tongkol adalah dengan mengkonsumsi air kelapa muda.

#2 Mengkonsumsi CTM

Jika anda mengalami keracunan dari ikan tongkol, sebaiknya anda segera mengkonsumsi CTM. Dengan mengkonsumsi CTM akan membantu anda untuk tertidur dan ketika anda terbangun efek pusing ataupun efek-efek lainnya yang disebabkan oleh keracunan dari ikan tongkol dapat teratasi.

#3 Mengkonsumsi Air Putih

Jika anda keracunan mengalami keracunan yang di sebabkan oleh Ikan tongkol, anda dapat segera mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya. Dengan mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya akan membantu tubuh anda dalam mengencerkan racun yang terdapat di dalam lambung dan membuat penyerapan racun akan terhambat.

#4 Mengkonsumsi Susu

Dengan mengkonsumsi susu juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi keracunan dari ikan tongkol itu sendiri. Oleh sebab itu susu juga dapat dimanfaatkan untuk menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh kita.

#5 Memuntahkan

Jika anda atau orang lain yang sedang mengalami keracunan ikan tongkol tapi masih sadarkan diri anda dapat memintanya untuk memuntahkan makanan yang telah dikonsumsinya itupun salah satu cara untuk menanggulangi terjadinya penyerapan racun ke dalam tubuh.

#6 Pergi Ke Dokter

Jika cara yang diatas masih belum sembuh dalam kurun waktu kurang lebih 4 jam tidak kunjung sembuh. Serta efek dari keracunan ikan tongkol semakin parah Anda dapat segera membawanya ke dokter. agar seseorang yang mengalami keracunan ikan tongkol segera mendapatkan penanganan dengan baik.

Itulah informasi dari kami yang mungkin bisa membantu anda untuk mengatasi keracunan yang ditimbulkan dari Ikan Tongkol. Jika bermanfaat bisa anda bagikan informasi ini kepada orang lain, agar semua orang dapat tertolong. Terima Kasih.

Post a Comment

2 Comments

  1. Saya sdh minum susu,,,tapi kepala saya masih sakit,,boleh kam minum obat sakitvkepala panadol

    ReplyDelete
  2. Saya sudah minum susu pagi pukul 10 karena saya mengalami keracunan pada pukul 8 dan efeknya baru kelihatan pukul 9 nan...saya minum susu asli.Apakah sekitar sore atau malam dia akan meredahm? Soalnya muka saya merah semua...

    ReplyDelete