Recents in Beach

Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Gold Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Beberapa Manfaat dan Khasiat dari Buah Kiwi Gold

Buah kiwi kuning adalah salah satu dari jenis buah kiwi yang bagian dalamnya berwarna kuning cerah. Kini kita mengenal adanya tiga jenis kiwi, yang pertama kiwi biasa atau coklat, yang kedua kiwi hijau, kemudian kiwi kuning (Gold). Bagian luar buah kiwi kuning ini tidak berbeda, berwarna coklat dengan sedikit bulu halus di sekitarnya. Rasa buahnya manis sedikit kecut dan kaya akan air alami buah yang menyegarkan tubuh dan melepas dahaga.

Kandungan vitamin C pada kiwi gold, 3x kandungan vitamin C pada buah jeruk. Yang lebih istimewa, nutrisi satu buah kiwi gold sama halnya dengan nutrisi 10 buah apel.

Hasil riset yang dilakukan oleh University of Otago menemukan, bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah kiwi gold sebanyak 2 buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, serta mengurangi kelelahan dan depresi, dan juga dapat menaikkan semangat.

Sebagai salah satu contoh hasil riset dilakukan kepada pria berusia 18 s/d 35 tahun yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok yang pertama, mengkonsumsi buah kiwi gold sebanyak setengah butir (53 mg), dan kelompok yang kedua mengonsumsi 2 butir buah kiwi gold atau setara dengan 212 mg selama kurang lebih 6 minggu. Setelah 6 minggu lamanya, hasil penelitian membuktikan kelompok yang mengonsumsi buah kiwi gold yang kaya akan vitamin C sebanyak 2 buah per hari mengalami penurunan Total Mood Disturbance (TMD) atau gangguan suasana hati, kelelahan berkurang sebanyak 38 percent, depresi berkurang sebanyak 34 percent, dan semangat meningkat sebanyak 31 percent.

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, buah kiwi gold terdapat kandungan vitamin C dan serat yang tinggi, antioksidan, mineral, vitamin E dan berbagai nutrisi lainnya. Mengkonsumsi dua buah ini (Kiwi Gold) memiliki jumlah serat yang setara dengan semangkuk sereal.

Berikut 10 Manfaat Buah Kiwi Gold Yang Baik Bagi Tubuh Kita


1# Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Manfaat buah kiwi adalah membantu melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini dapat dilakukan karena buah kiwi membuat pembekuan darah dapat dicegah dengan mudah. Itulah mengapa konsumsi dari buah kiwi baik bagi anda yang sering mengeluhkan permasalahan penyumbatan aliran darah. Konsumsi dari buah kiwi gold dapat langsung dengan cara dipotong potong, atau juga diolah menjadi minuman jus yang nikmat.

2# Efektif untuk program diet.

Kiwi hanya mengandung sedikit kalori, jadi buah yang satu ini seringkali dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan program diet, karena kandungan energi dalam buah Kiwi Gold terdapat 100 gram buah kiwi atau 61 Kkal, atau kurang lebih 40% jumlah energi yang terdapat pada buah pisang. Kandungan energi buah kiwi lebih rendah dibandingkan buah-buah yang lainnya seperti jeruk, orange, dan anggur, tapi buah kiwi gold sedikit lebih tinggi dibandingkan buah-buah yang satu ini seperti lemon, strawberi, belewah, dan pepaya.

Perbandingan antara buah kiwi, kiwi kuning (gold) memiliki kandungan vitamin C yang layak dihadiahi medali emas. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah kiwi gold mencapai 105,4 mg per 100 gram.

Kandungan vitamin E di dalam buah kiwi makin melengkapi vitamin C dalam aksi antioksidan melawan stres dan polusi. Vitamin E yang larut dalam lemak melengkapi kekuatan antioksidan vitamin C yang larut dalam air. Menurut dr. Fiastuti, jenis kandungan vitamin E bagi tubuh kita ini sangat melindungi sel lemak dari kerusakan oksidatif. Lemak yang rusak itu bakal menyangkut di dinding pembuluh darah. Seiring berjalannya waktu Lambat laun akan penumpukan lemak yang menyangkut yang akan mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga terjadilah serangan stroke atau bila sumbatan itu terjadi di pembuluh jantung, terjadilah serangan jantung.

Hasil penelitian Lynley Drummond tersebut juga membuktikan, buah kiwi menyediakan gizi paling banyak dengan kalori yang paling sedikit jika dibandingkan dengan buah-buah yang satu ini seperti jeruk, pisang dan apel, sehingga kiwi merupakan salah satu pilihan untuk orang-orang yang sedang berdiet.

3# Mencegah Dehidrasi

salah satu kandungan yang terdapat dalam Buah kiwi juga kaya akan kandungan air. Hal ini yang menyebabkan, buah kiwi banyak digunakan sebagai pelepas dahaga. Dalam perjalanan jauh dan aktivitas yang penuh, buah kiwi dapat dijadikan alternatif minuman sama dengan manfaat buah gayam untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sehingga dehidrasi pun dapat dicegah dan tubuh anda pun dapat kembali bugar tanpa banyak keluhan penyakit akibat dehidrasi yang mungkin terjadi.

4# Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kadar gula dalam darah. Diabetes pun dikenal sebagai salah satu penyakit berbahaya karena efeknya untuk kesehatan secara keseluruhan. Pencegahan penyakit ini bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi buah kiwi gold. Buah kiwi ini memang manis namun kadar kemanisannya tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah Anda serta kandungan gula jahatnya pun sedikit. Sehingga tidak ada lagi kelebihan kadar gula dalam darah yang menjadi pemicu penyakit diabetes.

5# Mencegah kanker

Khasiat kiwi kuning yang berikutnya yaitu dapat menjadi anti kanker yang alami. Buah kiwi ini mengandung cukup banyak vitamin C untuk membantu tubuh dalam melindungi sel dari serangan kanker.

6# Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau dalam ilmu kedokteran biasanya disebut dengan hipertensi merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Efek yang akan ditimbulkan dari penyakit yang satu ini sangat parah, bahkan mungkin menyebabkan kematian. Anda juga dapat mencegah penyakit ini dengan mengkonsumsi melon kuning ataupun buah kiwi gold. Jika anda baru saja mengonsumsi makanan yang memicu darah tinggi, maka segeralah konsumsi buah kiwi gold untuk menetralisir.

7# Kesehatan DNA

Khasiat kiwi kuning juga mempengaruhi kesehatan DNA. Buah ini akan masuk sampai ke sel tubuh dan DNA Anda. Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah kiwi ini akan menyehatkan se-sel tubuh beserta jaringan DNA.

8# Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung pun sekali dapat terjaga dengan sangat baik jika anda mengkonsumsi bauh Kiwi gold. Anda sangat dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi buah kiwi gold, karena kandungannya yang terdapat di dalamnya sangat kaya akan air yang akan meringankan beban kerja dari jantung. Oleh sebab itu, lakukanlah kebiasaan baik ini untuk terus mengkonsumsi buah kiwi gold ini secara rutin. Dengan begitu jantung anda pun akan dapat terjaga dengan sehat tanpa banyak ancaman penyakit jantung yang menyerang kapan saja.

9# Menjaga Kesehatan pencernaan

Khasiat kiwi kuning yaitu bisa menjaga kesehatan pencernaan Anda. Buah kiwi ini mengandung banyak air yang tidak akan membuat pencernaan Anda menjadi terhambat. Organ pencernaan Anda pun akan semakin sehat.

10# Menjaga sistem imun tubuh

Khasiat kiwi kuning juga berguna untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh Anda. Buah ini juga akan meningkatkan kualitas imun sehingga mampu melawan lebih banyak serangan penyakit berbahaya.

Itulah 10 manfaat dan khasiat dari buah kiwi kuning yang perlu anda ketahui. Jika artikel ini bermanfaat silahkan di Share / di bagikan kepada orang lain agar semuanya bisa mengetahui manfaat dari buah kiwi tersebut.

Post a Comment

0 Comments