Recents in Beach

Jenis Masalah Kesehatan Yang Harus Di Waspadai Bagi Remaja Wanita

Beberapa Masalah Wanita Yang Harus Di Waspadai

Masalah kesehatan remaja wanita harus diketahui oleh masyarakat terutama orang tua. Hal itu dikarenakan saat remaja adalah masa untuk tumbuh dan kembang dan masa peralihan dari masa anak-anak. Berbagai macam masalah kesehatan akan muncul pada masa ini, para orang tua pun harus lebih waspada mengawasi tumbuh dan kembang anak-anaknya terutama jika dalam riwayat keluarga pernah memiliki penyakit yang sifatnya turunan atau genetik. Tidak jarang remaja yang orang tuanya memiliki penyakit turunan bisa menurunkan penyakit tersebut ke anaknya. Sehingga tidak mengherankan jika penyakit yang seharusnya diderita oleh lansia dan orang dewasa bisa menyerang remaja. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan remaja wanita yang perlu diwaspadai:

Berikut Beberapa Masalah Remaja Wanita Yang Harus Di Waspadai Dari Sekarang


# Diabetes

Masalah kesehatan remaja wanita pertama yang patut diwaspadai adalah penyakit diabetes. Penyakit ini tidak bisa diabaikan begitu saja sebab belum ada obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini. Sayangnya remaja yang di dalam keluarganya memiliki riwayat penyakit diabetes akan mudah terkena penyakit ini. Untuk bisa membuat kadar gula darahnya menjadi stabil dan tubuh memiliki insulin yang cukup remaja wanita harus melakukan suntik insulin setiap harinya. Jika tidak dibantu dengan suntik insulin, remaja wanita akan merasakan pusing, menggigil, lemas bahkan pingsan.

# Asam Urat

Asam urat setidaknya dialami oleh wanita dengan usia diatas 40 tahun. Namun remaja yang orang tuanya memiliki riwayat asam urat risiko untuk terkena penyakit ini semakin tinggi. Asam urat bisa membuat sendi-sendi remaja terasa kaku dan linu terutama sendi jari kaki dan jari tangan.

# Kanker Tulang

Masalah kesehatan remaja wanita lainnya yang perlu diwaspadai adalah munculnya kanker tulang. Kanker tulang ini bisa menyerang remaja dikarenakan saat remaja tulang akan tumbuh. Biasanya saat sudah memasuki masa remaja tubuh akan menjadi lebih tinggi, bahkan bentuk tubuh pun akan berubah ketika memasuki masa remaja. Misalnya saja tumbuh kumis dan jakun khusus untuk pria, sedangkan wanita pinggul semakin terbentuk dan lain sebagainya. Sel kanker tersebut bisa menyerang tulang belakang sebab tulang belakang tersebut mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Kanker tulang tersebut juga bisa menyerang tulang kaki sebab tulang kaki juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

# Obesitas

Obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa dan anak-anak saja, namun juga bisa menyerang anak remaja. Remaja khususnya wanita suka sekali hang out bersama dengan teman-temannya, saat hang out tersebut mereka suka berkumpul dan makan-makanan cepat saji. Alhasil remaja akan mengalami obesitas atau kegemukan. Obesitas tersebut akan diperparah dengan kebiasaan buruk remaja yang tidak menyukai olahraga.

# Defisiensi Besi

Masalah ini sering terjadi pada remaja wanita yang sudah mendapatkan haid. Kurangnya zat besi di dalam tubuh bisa menyebabkan remaja kekurangan zat besi dimana fungsinya adalah untuk menghasilkan sel darah merah. Jika sudah mengalami kekurangan sel darah merah remaja wanita akan merasakan gejala anemia dengan tanda lemah, lesu, pusing bahkan pingsan mendadak.

# Anoreksia

Anoreksia bisa terjadi pada remaja, dan sering terjadi pada wanita. Remaja wanita selalu ingin tampil menarik dan sempurna. Beberapa remaja wanita yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya mengalami gangguan psikologi dan depresi sehingga nafsu makannya menjadi berkurang bahkan tidak ada samasekali sehingga tubuh wanita remaja dengan gangguan kesehatan ini akan memiliki tubuh yang sangat kurus.

Orang tua yang memiliki anak remaja harus terus memberikan suport dan memantau tumbuh kembang anak remajanya. Jangan sampai masalah kesehatan remaja wanita yang telah disebutkan menghalangi tumbung kembang sang anak.

Post a Comment

0 Comments