Recents in Beach

Cara Cepat Menurunkan Panas Demam Pada Anak Secara Alami

Cara Yang Tepat Menurunkan Panas Demam Pada Anak Secara Alami

Demam pada anak kadang membuat ibu merasa cemas terhadap kondisi tubuh yang mendadak panas cukup tinggi. Tingkah laku si kecil rewel dan badannya lemas. Sebagai seorang ibu tentu akan mengupayakan kesembuhan dan mengambil langkah yang perlu dilakukan guna menurunkan demam pada anak. Anda mungkin langsung kebingunan jika mengetahui bahwa anak Anda sedang sakit, terutama demam yang tidak kunjung reda.

Demam merupakan sebuah gejala awal adanya gangguan dalam tubuh, apakah itu berupa peradangan atau infeksi sebuah kuman, bakteri dan virus. Demam tinggi jika tidak segera diatasi bisa berakibat fatal bagi tubuh. Oleh sebab itu Anda diharapkan cermat dalam mengatasinya. Jangan sembarangan meminumkan obat berbahan kimia pada bayi atau anak Anda. Usahakan untuk memberikan obat tradisional penurun panas sebagai langkah awal sebelum pergi ke dokter.

Beberapa hal yang perlu diketahui orangtua mengenai demam adalah demam bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus. Oleh karena itu usaha mengatasi demam yang salah bisa memperpanjang masa sakit. Hal ini berbeda dengan pendapat orangtua sebelumnya bahwa demam bisa memperburuk suatu kondisi penyakit ataupun berdampak buruk secara umum terhadap anak mereka.

Banyak orangtua juga mencemaskan kejang demam. Obat penurun panas tidak terbukti dapat mencegah terjadinya kejang demam. Kejang (jika terjadi) biasanya disebabkan oleh kenaikan suhu tubuh yang pesat di tahap awal infeksi, seringkali sebelum para orangtua menyadari anaknya terkena demam.

Makanan yang dapat menurunkan Demam pada Balita


Biasanya gejala demam yang tampak anak terlihat lesu, tidak bersemangat untuk bermain terkadang disertai batuk, pilek serta diare. Bila disebabkan oleh infeksi virus, biasanya suhu badan tinggi pada 1-2 hari dan di hari ke 4-5 suhu agak menurun dan perlahan mereda. Jika akibat virus, sebaiknya tidak perlu diberi obat antibiotik.

# Penanganan Demam pada Balita

Untuk menangani demam pada Balita, Anda bisa melakukan penanganan awal secara sederhana di rumah seperti:

# Mandikan Anak Anda menggunakan air hangat.
Pastikan air tersebut tidak terlalu panas untuk kulit Anak. Mandi air hangat juga memungkinkan si Kecil untuk menghirup udara hangat sehingga melancarkan pernapasannya. Selain itu tubuh si Kecil juga akan terasa lebih rileks.
Setelah itu kenakan pakaian yang nyaman untuk anak yang sedang demam seperti baju dengan bahan yang tipis. Hindari pakaian tebal dan bertumpuk. Beri si Kecil asupan cairan yang cukup seperti Susu dingin atau air putih, guna menghindari anak dari dehidrasi.

Adapun makanan yang dapat diberikan pada Anak anda saat demam menyerang supaya panasnya segera reda adalah sebagai berikut:

# Semangka
Semangka adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan air persentase kadar airunya hampir 85%. Selain baik utnuk mengatasi dehidrasi, buah berwarna merah ini juga mampu membantu menurunkan panas tubuh.

# Melon
Selain buah semangka, melon juga merupakan salah satu buah yang dapt menurunkan suhu tubuh yang pana. Buah yang rasanya segera ini megnandung mikronutrisi karotenoid yang berfungsi menormalkan kembali suhu tubuh yang panas.

# Air kelapa muda
Air kelapa muda sangat nikmat diminum disiang hari karena bisa memberikan kesegeran bagi tubuh. Ini dikarenakan, air kelapa muda mengandung banyak mineral dan mampu mengganti ion tubuh yang hilang. Khasiat lain dari air kelapa muda adalah sebagai penurun panas tubuh.

Didalam air kelapa muda ini banyak mengandung sejenis mineral, diantaranya adalah kalium. Nah ketika terjadi panas, pada tubuh akan banyak mengeluarkan keringat, untuk menurunkan kondisi suhu tubuh ketika panas dan untuk menggantikan keringat yang banyak keluar, sebaiknya perbanyaklah minum air kelapa.

# Mentimun
Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai pelengkap lalap. Selain itu, mentimun dipercaya mampu menurunkan panas tubuh dan mengurangi dehidrasi.

# Susu Dingin
Selain itu meminum susu yang sudah dingin juga dapt menurunkan panas tubuh. Diminum dengan menambahkan beberapa sendok madu sebagai zat antioksidan alami melawan penyakit.

Dari beberapa bahan diatas jelas efektif dan telah banyak dipergunakan oleh orang-orang jaman dahulu ketika keluarga mereka mengalami demam panas baik pada anak-anak maupun bagi mereka yang telah dewasa.

Demikian informasi yang dapat diberikan Seputar makanan yang dapat meredakan panas atau demam pada anak anda dirumah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments

  1. terimakasih infonya menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2CNOHb3

    ReplyDelete