Recents in Beach

Cara Yang Tepat dan Ampuh Mengobati Sakit Gigi Pada Anak dan Dewasa

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dan Medis

Sakit gigi membuat aktivitas anda sehari-hari menjadi terganggu. Penyakit ini bisa menyerang siapapun juga baik itu anak-anak maupun orang dewasa, bahkan kebanyakan kasus yang menimpa justru lebih sering terjadi kepada anak-anak. Sakit gigi merupakan serangan rasa nyeri, yang berdenyut pada gusi dan gigi. Pada anak-anak, sakit gigi bisa timbul akibat sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat pemanis seperti permen ataupun gula. Sisa-sisa makanan manis yang terdapat di dalam gigi akan membuat bakteri berkembang biak. Bakteri dalam gigi akan membuat zat gula mengeluarkan zat asam yang dapat merusak lapisan email sebagai lapisan pelindung gigi. Bila ini terjadi, maka bakteri penghancur (pembusuk) akan menjalar melalui saluran akar ke syaraf yang kemudian menimbulkan peradangan dan rasa sakit yang menusuk dan berdenyut.

Berikut Cara Yang Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi Pada Anak


Dibawah ini adalah sebagian tanda-tanda sakit gigi yang bisa anda rasakan dan alami dan juga penyebab sakit gigi yang sedang anda alami saat ini.

Tanda Gejala Sakit Gigi
  • Bau mulut yang tidak enak walau telah di sikat
  • Bengkak di sekitar ruang gigi yang sakit
  • Tubuh meriang atau panas
  • Sakit Kepala

Penyebab Dari Sakit Gigi
  • Penimbunan nanah pada basic gigi akibat infeksi bakteri
  • Pembusukan pada gigi akibat lubang pada gigi
  • Tambalan yang buruk pada gigi
  • Odem (pembengkakan)
  • Tumbuh gigi baru
  • Pengecilan gusi
  • Tukak pada Gusi
  • Gigi retak
  • Sinusitis

PENGOBATAN DENGAN ILMU MEDIS (OBAT-OBATAN)


#1 Obat Merk Parasetamol dan Ibuprofen

Salah satu obat sakit gigi yang di anjurkan oleh dokter untuk anak yang paling manjur dan aman untuk dikonsumsi anak adalah parasetamol dan ibuprofen. Sejauh ini masyarakat beranggapan bahwa jika parasetamol dan ibuprofen merupakan obat penurun demam, tapi nyatanya obat yang satu ini sangat berguna untuk meredakan sakit gigi. Parasetamol dan juga Ibuprofen ini merupakan obat pereda nyeri ketika sakit gigi menyerang anak. Saat sakit gigi saraf menjadi sering berdenyut dan timbul rasa nyeri. Saat itulah obat ini akan bekerja untuk meringankan dan meredakan nyeri tersebut. Untuk anak dibawah 10 tahun, orang tua bisa memberinya jenis Parasetamol atau Ibuprofen dengan jenis sirup. Namun jika usia anak sudah diatas 10 tahun berikan obat jenis tablet.

#2 Obat Merk Dentasol

Dan ada satu lagi obat yang sangat manjur yaitu Dentasol. Berbeda dengan obat sakit gigi lainnya yang dikonsumsi, obat jenis ini justru dioleskan langsung ke bagian gigi yang bermasalah. Wujud dari Dentasol seperti gel dan bisa juga seperti cairan. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan di cotton buds kemudian obat tersebut ditempelkan atau dioleskan ke gigi yang bermasalah. Anak yang diobati menggunakan obat ini dilarang menelan Dentasol sebab bukan termasuk dalam obat oral. Jika menggunakan obat yang satu ini sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan Dokter.

#3 Obat Merk Super Green plus SG

Obat yang satu ini paling populer dan banyak di referensikan yang berdasar pada kandungan dari obat ini. Kelebihan dari obat yang ampuh ini dengan merk obat Super Green plus SG, lantaran taraf pengobatannya yang tidak membutuhkan waktu lama mungkin saja cuma sekitar kurang lebih 10 menit sesudah penggunaan, dengan alhasil anda bisa merasakan khasiatnya, diluar itu obat yang ampuh ini cukup populer karena berbahan yang alami seperti nigella sativa

Nigella sativa mungkin biasa juga disebut dengan zat kemuning, dengan bahan seperti ini tak ada rasa cemas untuk mengkonsumsinya waktu berlangsung sakit gigi, dan merk obat ampuh ini telah tercatat di DEPKES. RI. NO. PIRT272. 100914522, harga obat sakit gigi yang satu ini kisaran antara Rp. 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu) per botolnya cukup terjangkau bukan.

#4 Obat Merk Cataflam 50 mg (Klaium Diklofenax)

Untuk mengobati sakit gigi dengan obat merk Cataflam memang terbilang cukup ampuh, obat ini termasuk juga pada kelompok NSAIDs lantaran kandungannya. Manfaat dari obat ini yaitu untuk meringankan tingkat nyeri, pembengkakan, inflamasi atau bahkan peradangan. Kemampuan dari obat ini dapat dengan cepat karena dosis dan bahannya yang high class.

Namun bila anda sedang dalam keadaan yang kurang baik seperti penyakit jantung karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya gagal jantung karena konsumsi dari dampak dari kemampuan cataflam yang cepat hingga detak jantung dituntut lebih cepat dikarenakan kecepatan dari kemampuan obat untuk memengaruhi syaraf nyeri pada sistem tubuh seorang dan sangat tidak peruntukan pada anak di bawah umur.

#5 Obat Merk Antalgin

Antalgin merupakan salah satu obat sakit gigi yang bermerk dan obat ini merupakan obat yang terbilang terlama dari yang lain yang telah dikonsumsi orang-orang mulai sejak dulu. Obat yang satu ini cukup dikenal karena kerjanya yang cepat, paket yang ada dalam tablet. kemampuannya dalam meredakan sakit gigi tak kalah dengan yang lain dan dampaknya juga hampir sama dengan obat sakit gigi di apotik lainnya jika tidak menggunakan resep dokter.

#6 Obat Merk Ponstan

Ponstan merupakan salah satu obat sakit gigi yang bermerk dan obat yang satu ini telah lama ada di market yang telah kerap dikonsumsi. Ponstan sendiri mempunyai kandungan asam mefenamat yang memiliki manfaat sebagai analgesik atau pereda nyeri. obat ini banyak dijual diapotik bahkan di warung usahakan beli di apotik dan bertanya tentang tata cara meminumnya.

#7 Obat Merk Clindamycin

Clindamcyin merupakan salah satu obat kimia yang direkomendasikan sebagai obat sakit gigi di apotik paling ampuh yang mempunyai kandungan antibiotik untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Obat ini harus dikonsumsi baik-baik atau dengan resep dokter apotik agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

PENGOBATAN SECARA ALAMI


#1 Minyak Cengkih

Minyak Cengkeh merupakan salah satu tanaman obat herbal sekaligus resep dapur. Resep tradisional yang satu ini telah teruji secara turun temurun, minyak cengkih yang satu ini sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi.Selain itu, industri mengolah cengkeh menjadi minyak botolan yang digunakan sebagai minyak urut, minyak pengurang gatal dan minyak sakit gigi. Saripati cengkeh yang diolah menjadi minyak manjur untuk menolong penderita sakit gigi dari rasa nyeri dan ngilu.

Sekarang anda bisa mengoleskan minyak cengkeh kepada kapas selanjutnya meletakkan kapas yang sudah dilumuri minyak cengkeh tersebut di bagian gigi yang sakit. Minta anak untuk sedikit menggigit kapas tersebut pada gigi yang sakit agar minyak cengkeh di kapas tersebut bisa terserap oleh gigi yang sakit. Minyak cengkeh akan menimbulkan efek hangat dan nyaman di dalam mulut.

#2 Bawang Putih, Cengkih dan Garam

Bahan bumbu dapur yang satu ini seperti Bawang Putih, Cengkeh, Garam, bisa anda dapatkan dengan mudah. Obat sakit gigi tradisional ini mempunyai kandungan yang ada didalam 3 bahan dapur ini bisa membantu mengatasi sakit gigi anda.

Cara pembuatan dan pemakaiannya:
Cara yang pertama tumbuk terlebih dulu satu siung bawang putih, satu biji cengkeh dan camprkan satu sdt garam hingga halus, jika di rasa sudah cukup halus kemudian langsung anda tempelkan di bagian gigi yang sakit, kerjakan 2-3 kali satu hari. lakukan setiap hari sampai anda merasakan hasilnya dan memperoleh kesembuhan.

#3 Berkumur Dengan Air Garam

Garam juga termasuk bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi sakit gigi yang diderita buah hati. Bukan karena rasanya yang asin, namun karena kandungan yodium yang tinggi dalam garam mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa ngilu dan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Cara Membuat dan Pemakaiannya:
Ambil garam 1 sendok makan kemudian larutkan dalam segelas air hangat. Aduk hingga butiran garam benar-benar larut keseluruhannya dalam air hangat. Setelah itu, jadikan larutan tersebut sebagai obat Kumur. Anjurkan anak untuk berkumur dengan air garam sesering mungkin hingga ia merasa nyaman dan sakit giginya berkurang.

Tapi ingat, jangan menelan air kumurannya yah!

#4 Minyak Kelapa

Selain menggunakan minyak cengkeh, minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Sekarang anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengolah tempurung kelapa dengan membakarnya hingga mengeluarkan minyak. Sekarang minyak kelapa juga sudah banyak dijual botolan di toko obat atau supermarket. Begitu anak Anda merasakan sakit pada giginya, Anda bisa langsung mempraktekkan cara pengobatan sederhana dengan menggunakan minyak kelapa pada gigi anak Anda.
Cara Membuat dan Pemakaiannya:
Sekarang anda ambil sepotong kecil kapas, selanjutnya basahi kapas secara keseluruhan dengan minyak kelapa. Panaskan kapas yang sudah dibasahi minyak kelapa tersebut di atas api lilin. Jangan sampai hangus, cukup sehangatnya saja. Bila sudah hangat, tempelkan potongan kapas dengan minyak kelapa tersebut di gigi yang sakit. Biarkan beberapa saat hingga hangatnya menghilang dan sakitnya mereda.

#5 Kompres Menggunakan Air Dingin

Pengobatan yang satu ini memang dibilang pengobatan yang paling sederhana di bandingkan dengan cara pengobatan yang lainnya, tetapi ada kalanya orang awam sangat menyepelekan pengobatan ini, obat sakit gigi dengan kompres dingin merupakan cara mengobat sakiti gigi paling cepat, karena cara kerja kompres air es atau air dingin ini adalah menghentikan rangsangan nyeri akibat saraf dan pembuluh darah pada gigi yang terus bergerak atau berdetak mengikuti irama jantung, untuk kompres air dingin ini sangat di sarankan bagi anda yang menderita sakit gigi karena tumbuhnya gigi yang baru. Cara pengobatan tradisional yang satu ini bisa untuk obat sakit gigi pada anak-anak maupun dewasa.


Cara Pembuatan dan Pemakaiannya :
  • Siapkan air es dalam botol atau ice bag.
  • Tempelkan pada gigi yang sakit area luar/pipi
  • Tunggu kurang lebih 1-2 Menit
  • Sakit gigi anda akan segera sembuh
  • Obat sakit gigi ini paling direkomendasikan saat terjadi pertumbuhan gigi baru

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada anda. Jika bermanfaat silahkan Di SHARE/bagikan kepada orang lain jika di rasa artikel ini cukup bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments