Recents in Beach

Manfaat dan Efek Samping Bagi Wanita Yang Suka Minum Kopi



Seringkali orang berpikir kopi adalah minuman yang tidak sehat dikarenakan kandungan kafein yang tinggi dapat menggangu beberapa masalah kesehatan. Padahal tidak sepenuhnya kopi menjadi minuman yang berbahaya jika anda mengkonsumsi dengan tepat.

Meminum secangkir kopi merupakan salah satu kenikmatan tersendiri bagi pecinta kopi. Tidak hanya kaum lelaki, banyak kamu wanita yang juga gemar meminum kopi. Karna rasanya yang khas dan banyak memiliki varian dalam pengolahannya, membuat wanita menyukainya. Memang saat ini penyuka kopi dari kalangan wanita sudah banyak namun jumlahnya tidak sebanyak dari kaum pria. kopi menjadi salah satu minuman yang menjadi favorit kebanyakan orang. Alasan lain banyak orang mengkonsumsi kopi yakni karena kopi juga dapat dijadikan penghilang rasa kantuk karena kandungan kafein dan beberapa zat yang ada di dalam kopi. Simak Manfaat minum kopi bagi wanita

Berikut 7 Hal Manfaat Minum Kopi Yang Harus Anda Ketahui


# Menghindari Stres dan Depresi

Manfaat kopi bagi wanita yang pertama adalah menghindarkan dari stress dan juga depresi. Wanita adalah orang yang mudah sekali stres, sehingga mengonsumsi kopi secara teratur namun tidak berlebihan bisa menghindarkan dari stres. Stres yang berkelanjutan bisa menyebabkan depresi. Kopi dipercaya bisa menurunkan risiko stres dan depresi sebanyak 10 persen. Aroma dari kopi pun sifatnya menenangkan sehingga akan membuat tubuh wanita menjadi lebih rileks.

# Menjaga kesehatan hati

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membatu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.

# Menurunkan Berat Badan

Kafein dalam kopi dapat membantu menurunkan berat badan karena kafein dapat menekan nafsu makan. Kafein juga mengakibatkan cairan dalam tubuh dapat berkurang akibat proses panas dan energi atau proses pembakaran lemak. Kekurangan cairan dalam tubuh harus dihindari dan digantikan oleh cairan lain agar cairan dalam tubuh tetap seimbang. Bahkan beberapa pengobatan untuk menurunkan berat badan menggunakan kafein. ADA penelitian yang menjelaskan bahwa mengkonsumis kopi secara rutin dapat membakar lemak sebesar (10%) bagi seseorang yang mengalami mengalami obesitas dan membakar (29%) lemak pada orang yang kurus. Namun fungsi kafein untuk mengurangi berat badan juga harus didampingi oleh dokter agar tidak mengganggu kesehatan tubuh yang lain.

# Menghindarkan Alzheimer & Menangkal Parkinson

Manfaat kopi bagi seorang wanita yang sangat menakjubkan adalah bisa menangkal risiko terkena penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit yang berhubungan dengan saraf otak dimana memori jangka pendek maupun jangka panjang penderita menjadi hilang. Biasanya penyakit ini akan menyerang wanita saat usianya mencapai diatas kurang lebih 65 tahun.

Sedangkan penyakit Parkinson merupakan penyakit saraf dengan gejala tangan menjadi bergetar tak terkendali. Untuk penyakit yang satu ini (parkinson) belum ada obatnya sampai saat ini, sehingga pencegahan lebih dibutuhkan dari dini. Tapi kandungan kafein yang terdapat pada kopi bisa menurunkan risiko terkena penyakit parkinson hingga mencapai kurang lebih 60 persen.

# Menangkal Kanker Kulit

Kopi tidak saja membuat anda memiliki suasana hati yang baik akan tetapi dapat membantu melawan penyakit yang bahaya seperti kanker. Kopi juga kaya akan antioksidan. Anti Oksidan itu sendiri sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang sangat beresiko bagi kulit karena menjadi penyebab kanker kulit. Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang minum dua cangkir dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

# Mengatasi risiko diabetes tipe II

Selain kandungan kafein yang sangat terkenal dimiliki oleh kopi, kopi juga mengandung kromium dan magnesium. Kromium dan magnesium yang terkandung di dalam kopi dapat menekan risiko diabetes tipe II. Efek penuruna yang ditimbulkan oleh kopi dalam menekan penyakit diabetes tipe II ini cukup drastis. Yakni dapat menurunkan sekitar 25 percent risiko terserang risiko diabetes tipe II.

Sedangkan Efek Samping Bagi Wanita Yang Suka Mengkonsumsi Kopi

Kandungan dalam kopi apabila tepat dalam takaran meminumnya dapat bermanfaat bagi wanita. Namun apabila konsumsi kopi melebihi takaran yang disarankan, kopi juga dapat berbahaya bagi wanita.

Perlu Untuk Anda waspadai bahwa kopi dapat menimbulkan efek kecanduan, sehingga membuat orang yang mengkonsumsi kopi selalu ingin mengkonsumsinya lagi dan lagi. Padahal apabila konsumsi kopi melebihi jatah normal, maka bagi wanita kopi dapat menimbulkan kerusakan dan menimbulkan gangguan kesehatan.Bahkan konsumsi yang terlalu banyak dapat mengurangi kesuburan bagi wanita dan apabila dilanjutkan dapat menjadikan wanita mandul.

Selain beberapa bahaya tersebut, kopi juga dapat menimbulkan gangguan lain seperti insomnia, gugup tremir, mual, jantung berdebar dan rasa kegelisahan.

Untuk itu, bagi wanita dapat mengkonsumsi kopi sesuai dengan takaran normal yakni sekitar 1-3 cangkir setiap harinya. Hal tersebut dilakukan agar para wanita mendapatkan manfaat dari kandungan dalam kopi, bukan bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi kopi.

Post a Comment

0 Comments