Recents in Beach

Cara Tepat Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami dan Obat Apotik

Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami dan Obat Apotek. Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Ciri-Ciri dan Penyebab batuk

  1. Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
  2. Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).
  3. Alergi
  4. Asma atau tuberculosis
  5. Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  6. Tersedak akibat minum susu
  7. Menghirup asap rokok dari orang sekitar
  8. Masalah emosi dan psikologis (untuk batuk psikogenik)

Tips Agar Batuk Pada Anak Cepat Sembuh

Tentunya ada tips-tips meredakan batuk anak supaya cepat sembuh. Bila anak batuk, orangtua bisa melakukan beberapa hal berikut ini:
  1. Anak harus istirahat cukup (Minimal 2-3 Hari)
  2. Minum obat batuk khusus anak
  3. Berikan anak cairan yang cukup (memastikan anak minum air yang cukup guna mencegah dehidrasi)
  4. Hindari makanan atau minuman penyebab batuk (Misalnya minuman manis, minuman dingin, dan makanan yang digoreng. Disarankan untuk memberikan makanan berkuah hangat yang bisa menghindari batuk karena gatal di tenggorokan.)
  5. Jauhkan anak dari pemicu alergi
  6. Pilih posisi tidur yang paling nyaman (Usahakan anak tidur dengan posisi kepala yang agak diangkat. Maka, ganjal kepala anak dengan bantal yang tinggi saat tidur dan hindari tidur telentang. Tidur telentang bisa bikin lendir menumpuk di tenggorokan dan mengganggu pernapasan anak.)

Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak Dengan Obat Apotek

Batuk berdahak pada anak bisa disembuhkan dengan obat pilek atau obat batuk dekongestan yang dijual bebas, baik di apotek maupun toko obat terdekat.

Namun, obat batuk dan pilek yang mengandung ekspektoran atau dekongestan tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 4 tahun. Setelah usia 6 tahun, obat-obatan ini aman digunakan, tetapi ikuti instruksi dosis yang dianjurkan.

#1 Selvigon : syirup yang akan menghantam batukmu

Selvigon Sirup merupakan salah satu nama dagang dari obat Pipazetat hidroklorida yang dikeluarkan oleh Transfarma Medica Indah. Obat ini tentu terkenal untuk menyebuhkan jenis batuk yang iritatif atau disebabkan alergi. Tapi kandungan pipazatate HCI yang terkandung di dalamnya juga ampuh untuk mengatsi batuk yang berjenis kering.

Ingat : Ciri obat batuk paling ampuh ini, adalah berbentuk botol dengan kemasan warna putih.

Obat penawar ini memiliki efek samping untuk orang yang mengkonsumsinya, berupa sendasi ringan, mual dan mutah. Jadi sangat diajurkan dalam pemakaiannya sesuai aturan, karena apabila tidak akan menyebabkan overdosis berujung kematian.

#2 Benacol : syirup yang akan menyembuhkan batuk

Benacol DTM syrup (Kombinasi) Benacol DTM adalah obat yang memiliki efek antitusif dan ekspektoran, digunakan untuk mengobati batuk yang disebabkan adanya rangsangan pada saluran nafas. Berbicara batuk tentu merupakan penyakit tergolong susah sembuh apabila tidak tepat obatnya. Perlu anda ketahui bahwa Benacol syirup merupakan obat dengan kemasan warna putih dan merah ini bisa dikatakan mampu sembuhkan batukmu. Dengan komposisi dextromethophan, ammon, diphenhydramine, menthol dan guaiacolsufonate yang pas untuk melawan penyakitmu itu.

#3 Dextral : obat bentuk tablet yang mempunyai banyak khasiat

Dextral adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala flu seperti, hidung tersumbat, bersin-bersin, pilek yang disertai batuk. Penawar ini sendiri sangat cocok untuk batuk kering dan seperti halnya OBH tadi, kadungan di dalamnya juga akan membantu meringankan masalah pilek dan flu. Namun bagi penderita gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma serta hipertensi sangat tidak dijurkan tapi apabila terpaksa harus menggunakan resep dari dokter.

#4 Grafed : obat batu non cair yang akan menangkal batuk

Sama halnya dengan Dextral, obat batuk Grafed ini juga memiliki bentuk berupa tablet. Dalam dirinya terdapat kandungan pseudoefedrin dan tripolidin yang ampuh mengobati batuk. Saat pengunaannya disarankan setelah makan karena apabila sebelumnya akan dapat mengganggu tubuh penggunanya. Grafed sendiri merupakan produksi dari perusahaan Gracia Pharmindo yang produknya dapat ditemui di Apotik di seluruh Indonesia. Obat batuk paling ampuh ini dibandrol dengan harga Rp 2100 per-tablet. Meskipun tergolong tidak murah tapi obat ini dapat dijadikan alternative ketika obat lain tidak mampu sembuhkan batukmu.

#5 Obat Batuk Woods

Sebelum membeli obat batuk Woods, kenali dulu jenis batuk yang kalian alami. Jika kalian mengalami batuk berdahak, pilihlah Woods Antitussive karena mengandung Dekstrometrophan HBr dan Difenhidramine HCl. Sedangkan, jika kamu batuk kering atau tidak berdahak, maka pilihlah Woods Expectorant.

#6 Obat Batuk Siladex

Biasanya, saat terkena batuk berdahak saluran pernapasan ikut terganggu. Kalian dapat mengencerkan sekret saluran pernapasan dengan Siladex Mucolytic & Expectorant. Sehingga dahak menjadi lebih encer dan dapat dengan mudah dikeluarkan.

#7 Obat Batuk OBH

Obat batuk OBH identik dengan warnanya yang hitam pekat dan tekstur yang kental, meskipun memiliki warna yang cukup menakutkan rasa dari OBH cukup manis dan memiliki dua jenis rasa. Yaitu dengan rasa menthol dan jahe yang melegakan tenggorokan, sehingga OBH combi cocok digunakan untuk mengeluarkan dahak yang tersumbat di tenggorokan serta saluran pernapasan.

#8 Obat Batuk Takabb

Obat batuk paling ampuh selanjutnya berasal dari Thailand, dan sering disebut dengan obat batuk kelabang. Obat batuk Takabb merupakan obat batuk berbentul pil yang terbuat dari bahan-bahan herbal. Takabb dapat mengurangi batuk kering maupun berdahak serta meredakan radang tenggorokan.

#9 Obat Batuk Konidin

Obat batuk yang satu ini dapat mengobati batuk berdahak, kering, batuk yang disebabkan oleh alergi hingga menuntaskan sisa-sisa bronkitis. Namun, obat ini dapat menyebabkan kantuk karena mengandung Chlorpheniramine Maleat. Sehingga sebaiknya jangan digunakan jika kamu ingin berkendara.

#10 Obat Batuk Komix

Obat batuk praktis karena berbentuk sirop yang dikemas dalam bentuk sachet sehingga kalian dapat langsung meminumnya saat dibutuhkan. Terdapat dua jenis Komix, yaitu Komix dan Komix OBH. Komix berfungsi untuk meredakan batuk dengan menekan refleks di otak, sedangkan Komix OBH memiliki tambahan ephedrine untuk mengatas hidung tersumbat.

#11Obat Batuk Vicks

Vicks diformulasikan khusus untuk batuk tidak berdahak yang disebabkan oleh alergi serta infeksi saluran pernapasan. Vicks dilengkapi dengan Doxylamine yang bekerja menghentikan batuk dan bersin-bersin. Obat ini juga mampu memberikan rasa hangat hingga 8 jam untuk meredakan sakit tengorokan akibat batuk kering.

#12 Obat Batuk Laserin

Laserin tergolong ke dalam obat batuk herbal karena menggunakan bahan-bahan alami seperti jahe, daun saga, sirih, cengkeh serta kayu manis. Sehingga memiliki rasa khas, yaitu manis dan hangat. Bahan-bahan tersebut juga terkenal memiliki khasiat untuk melancarkan saluran pernapasan. Kelebihan dari Laserin adalah kandungan yang dipakai 100% herbal sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena tidak mengandung bahan-bahan kimia.

#13 Obat Batuk Hufagrip

Obat batuk anak terbaik yang dapat kalian coba adalah Hufagrip. Mengandung Dekstrometorfan HBr, obat ini hanya dapat digunakan untuk meringankan batuk tidak berdahak yang disertai pilek. Obat ini tidak tepat jika digunakan untuk mengobati batuk kering.

#14 Obat Batuk Cap Ibu dan Anak

Serupa dengan Laserin, obat batuk cap Ibu dan Anak hanya menggunakan bahan-bahan herbal sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mampu mengobati batuk berdahak dan kering, obat batuk ini mampu mengembalikan suara yang hilang serta menjaga daya tahan tubuh.

Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Dengan Bahan Alami

Biasanya, gejala batuk berdahak bisa memburuk dalam 2-3 hari pertama, dan kemudian mereda dalam beberapa hari ke depan sementara sistem kekebalan membersihkan sumber penyakitnya di dalam tubuh. Berikut ini bahan Alami Obat batuk pada anak yang bisa anda lakukan sendiri.

#1. Madu

Berbagai penelitian kecil-kecilan melaporkan bahwa minum madu untuk menyembuhkan batuk berdahak pada anak terhitung lebih efektif daripada obat dekongestan yang dijual bebas. Manfaat madu ini dipercaya datang dari kandungan antioksidannya yang bisa memerangi peradangan dalam tubuh.

Berikan anak Anda 1/2 sendok teh madu alami untuk 4-5 kali setiap hari. Untuk anak di bawah usia dua tahun tidak boleh makan madu karena partikel-partikel dalam madu dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi.

#2. Air putih hangat

Air putih hangat dapat sangat membantu mengencerkan dahak dan menyembhkan infeksi. Air putih hangat juga bisa membantu meredakan tenggorokan gatal dan tidak nyaman akibat jaringan sinus yang mengering. Bantu anak Anda untuk minum 6-8 gelas setiap hari saat sakit.

#3. Jus lemon

Jus lemon dilaporkan manjur untuk mengatasi batuk berdahak pada anak, juga untuk menyembuhkan pilek, dan infeksi saluran pernapasan.

Beri anak Anda satu sendok teh jus lemon setiap tiga jam. Yang perlu diperhatikan: jus lemon dapat membuat anak rentan dehidrasi, jadi pastikan Anda mengimbanginya dengan memberikan anak segelas air putih setiap ingin minum jus lemon.

#4. Jahe dan Kencur

Jahe dan kencur mampu melegakan tenggorokan dan menghangatkannya serta mengatasi pilek. Membuat obat batuk pada anak menggunakan jahe dan kencur juga mudah, yaitu rebus satu siung jahe dan kencur lalu air rebusannya diamkan hingga hangat. Air tersebut kemudian diminumkan pada anak untuk meredakan batuknya. Bisa ditambahkan madu untuk membuat rasanya lebih sedap.

#5. Kunyit

Selain bisa digunakan sebagai bumbu masak, kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati batuk pada anak. Caranya mudah, potong kunyit yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan air hangat. Beri sedikit madu dan minumkan pada anak.

#6. obat gosok

Oleskan obat gosok pada telapak kaki dan kenakan kaus kaki pada mereka agar tetap hangat. Pilihlah jenis obat gosok yang tepat sesuai usia anak.

#7. Sup ayam

Menurut para ahli kesehatan, sup ayam mengandung semacam zat yang memperlambat pergerakan sel penyebab gangguan kesehatan pada tubuh. Sup ayam juga meningkatkan pergerakan lendir yang dapat memperbaiki pencernaan.

Berikan sup ayam hangat untuk mengatasi batuk pada anak, namun jangan memaksanya jika ia menolak memakannya ya.

Post a Comment

0 Comments